Carrier IQ : Mata-Mata di dalam BlackBerry , iPhone dan Android ??

Jalan-jalan ke CNET, saya menemukan sebuah berita menarik mengenai Android, BlackBerry, dan iPhone. Apa sih yang menarik?? Ternyata di dalam perangkat tersebut disusupkan sebuah mat-mata. Wooow,.ngeri dong,..Lalu, siapa Mata-Mata itu ??baca di bawah ini :

Tanpa sepengetahuan dari para pengguna Android, BlackBerry ataupun iPhone, sebuah perangkat lunak yang bekerja sebagai mata-mata hadir di dalamnya.

Perangkat lunak itu kini sedang menjadi buah bibir, terutama di kalangan AS. Perangkat lunak itu bernama Carrier IQ, yang keberadaannya di ungkap oleh seorang peneliti bernama Trenor Eckhart.

Awal mulanya, perangkat lunak Carrier IQ hanya ditemui di Android. Trenor E mengungkapkan bahwa perangkat lunak itu memata-matai segala aktivitas pengguna, bahkan hingga tombol apa yang ditekan maupun ditulis oleh si pengguna.

Carrier IQ adalah perangkat lunak yang dapat mengumpulkan data pengguna oleh pelanggan, sehingga para operator telekomunikasi dapat menganalisis serta melakukan perbaikan.

Carrier IQ tersembunyi, bekerja terus, dan tidak bisa dihentikan kecuali perangkat jailbreak ataupun di-unlock/root. Dan ini butuh pengetahuan teknis.

Carrier IQ tersebut mampu melacaj lokasi perangkat, tombol-tombol yang ditekan, web mana saja yang dikunjungi, kapan terjadinya panggilan telephone, serta beberapa informasi lainnya. Ia bahkan mendemonstrasikannya pada video Youtube.


Lalu, kemana data data tersebut dikirimkan?? Video demo yang ditunjukkan oleh Trenor E tidak menampilkan adanya transmisi data, Dan Carrier IQ mengatakan bahwa data-data yang mereka kumpulkan akan dikirim melalui jalur terenksipsi.

Lalu, perangkat apa saja yang menggunakan/memakai layanan Carrier IQ ??
Menurut perusahaan Carrier IQ, perangkat lunak mereka dipakai di lebih dari 130 juta ponsel/telephone di dunia, namun mereka enggan dan menolak untuk menyebutkannya.

Terpasang serta aktifnya perangkat lunak Carrier IQ adalah hak dari operator telekomunikasi, di Amerika Serikat, AT&T mengakui bahwa mereka menggunakan perangkat ini. Begitu pula dengan Sprint, namun berbeda dengan Verizon yang mengaku bahwa mereka tidak memakainya.

Trenor E mengakui bahwa perangkat Carrier IQ ada dan terdapat pada ponsel Nokia, Samsung, HTC, serta BlackBerry.

Produsen BlacBerry, Research In Motion, mengatakan tidak menggunakan perangkat lunak Carrier IQ di dalam perangkat mereka, serta tidak mengijinkan pihak operator telekomunikasi untuk melakukannya, begitu pula dengan Nokia yang mengaku tidak menggunakannya.

Sedangkan Motorola mengakui bahwa mereka menggunakan perangkat Carrier IQ di dalam produk mereka, tetapi mereka melempar isu tersebut ke operator, dan Samsung pun juga sama dengan Motorola.

Grant Paul , seorang Developer dari iOS mengungkapkan bahwa dia menemukan adanya Carrier IQ di dalam iPhone. Namun menurut pihak Apple, mereka sudah tidak menggunakannya lagi semenjak munculnya iOS 5.

Google, mengungkapkan bahwa dia tidak pernah memasang perangkat Carrier IQ di dalam Android, namun mereka mengakui bahwa Android bersifat terbuka serta operator ataupun pembuat perangkat berbasis Android dapat melakukan penyesuaian.

Lalu, kenapa Carrier IQ diperdebatkan?? Di Amerika, Carrier IQ menjadi sebuah isu besar karena menggangu masalah privasi. Namun beberapa peneliti mengungkapkan bahwa isu-isu tersebut terlalu hiperbola.

Menurut Tim Wyatt, yang juga melakukan penelitian terhadap Carrier IQ mengungkapkan bahwa Carrier IQ tidak mengirimkan data tombol yang ditekan oleh operator, dan Wyatt mengatakan bahwa Carrier IQ bukan sebuah perangkat jahat.

Satu satunya yang paling menakutkan dari Carrier IQ itu sendiri adlah jika ia tidak diketahui keberadaannya dari si pengguna dan tidak ada cara untuk si pengguna mematikan program tersebut, serta pengguna tidak mengetahui data data apa yang dikumpulkan Carrier IQ itu.

Sumber CNET [ http://news.cnet.com/8301-31921_3-57335110-281/carrier-iq-more-privacy-alarms-more-confusion/?tag=TOCmoreStories.0 ]





0 comment:

Posting Komentar