Google Peringati Ulang Tahun Albert Szent-Gyorgyi's yang ke118

Google Peringati Ulang Tahun Albert Szent-Gyorgyi's yang ke118 - Setelah sebelumnya saya memposting mengenai  Google Doodle Rayakan HUT Freedie Mercury , kini giliran Albert Szent-Gyorgyi yang ulang tahunnya diperingati dengan dijadikannya tampilan di homepage mesin pencari ini.

Albert von Szent-Gyorgyi lahir di Budapest pada tanggal 16 September 1893, putra Nikolaus von Szent-Gyorgyi, seorang pemilik tanah besar dan Josefine, yang ayahnya, Yusuf Lenhossék, dan saudara Michael berdua Profesor Anatomi di Universitas Budapest . Dia matriculated pada tahun 1911 dan memasuki laboratorium pamannya di mana ia belajar sampai pecahnya Perang Dunia I ketika ia dimobilisasi. Ia bertugas di front Italia dan Rusia, memperoleh Medali Perak untuk Keberanian, dan ia habis pada tahun 1917 setelah terluka dalam aksi. Ia menyelesaikan studinya di Budapest dan kemudian bekerja berturut-turut dengan farmakolog, G. Mansfeld di Pozsony, dengan Armin von Tschermak di Praha, di mana ia belajar elektrofisiologi, dan dengan L. Michaelis di Berlin, sebelum ia pergi ke Hamburg selama dua tahun Tentu saja dalam kimia fisik di Institut Kebersihan Tropis.

Pada tahun 1920 ia menjadi asisten di Institut Universitas Pharmocology di Leiden dan 1922-1926 ia bekerja dengan Hamburger HJ di Institut Fisiologi, Groningen, Belanda. Pada 1927 ia pergi ke Cambridge sebagai Fellow Rockefeller, bekerja di bawah FG Hopkins, dan menghabiskan satu tahun di Yayasan Mayo, Rochester, Minnesota, sebelum kembali ke Cambridge. Pada tahun 1930 ia memperoleh Ketua Kimia Kedokteran di University of Szeged dan di 1935 ia juga mengambil Ketua dalam Kimia Organik. Pada akhir Perang Dunia II, ia mengambil Ketua Kimia Medis di Budapest dan pada tahun 1947 ia meninggalkan Hongaria untuk menetap di Amerika Serikat di mana dia adalah Direktur Riset, Lembaga Penelitian otot, Woods Hole, Massachusetts.


Penelitian awal Szent-Gyorgyi di Groningen menyangkut kimia respirasi sel. Dia menggambarkan saling ketergantungan oksigen dan aktivasi hidrogen dan membuat pengamatan pertama pada rekan-dehydrases dan sistem oksidase polifenol tanaman. Dia juga menunjukkan adanya zat pereduksi dalam jaringan tanaman dan hewan. Di Cambridge dan selama mantra awal di Amerika Serikat, ia terisolasi dari adrenal zat ini mengurangi, yang sekarang dikenal sebagai asam askorbat. Kembali ke Cambridge pada tahun 1929, ia kemudian menggambarkan aktivitas farmakologi dari nukleotida dengan Drury.

Setelah kembali ke Hungaria, ia mencatat aktivitas anti-scorbutic asam askorbat dan menemukan bahwa paprika (Capsicum annuum) adalah sumber yang kaya vitamin C. Studi persisten Nya oksidasi biologis menyebabkan pengakuan fungsi katalitik dari C4- dikarboksilat asam, penemuan «cytoflav» (flavin) dan pengakuan dari aktivitas biologis dan sifat vitamin kemungkinan flavanone (vitamin P).

Pada tahun 1938 ia mulai bekerja pada penelitian otot dan cepat menemukan protein aktin dan myosin dan kompleks mereka. Hal ini menyebabkan reproduksi reaksi dasar kontraksi otot yang membentuk dasar dari penelitian otot pada dekade berikutnya. Pelestarian bahan biologis dalam gliserin, yang telah memiliki aplikasi luas termasuk penggunaan pertanian dalam pelestarian sperma, telah dihasilkan dari karyanya yang lebih baru. Ia juga mengembangkan penggunaan otot psoas kelinci sebagai bahan percobaan, yang diterbitkan teori tentang masalah energetika dan menyelidiki regulasi pertumbuhan dan potensi membran sel, dan fungsi hormon dari kelenjar timus.

Szent-Gyorgyi, anggota masyarakat scientifc banyak, adalah mantan presiden Academy of Sciences, Budapest, dan seorang Wakil-Presiden National Academy di Budapest. Dia Mengunjungi Profesor, Universitas Harvard pada tahun 1936 dan Franchi Profesor, University of Liège, 1938. Ia menerima Hadiah Cameron (Edinburgh) pada tahun 1946 dan Penghargaan Lasker pada 1954. Banyak publikasi Nya meliputi Oksidasi, Fermentasi, Vitamin, Kesehatan dan Penyakit (1939); Kontraksi otot (1947); The Nature of Life (1947); Kontraksi otot tubuh dan di Hati (1953), dan Bioenergetika (1957).

Szent-Gyorgyi menikah Cornelia Demény, putri dari Hungaria Postmaster-Jenderal, pada tahun 1917. Selama tahun 1930-an ia aktif anti-Nazi dan selama Perang Dunia II ia menjadi warga negara Swedia - ia diberikan bantuan ekstensif oleh Kedutaan Besar Swedia di Budapest. Pada tahun 1941, ia menikah Marta Borbiro, rekan-pekerja di Woods Hole: mereka memiliki satu anak perempuan.

Ia tertarik pada olahraga dari semua jenis, favorit nya yang berlayar dan alpinism.

Orang hebat. Ngomong-ngomong, mungkin ga ya ulang tahunku juga di peringati atau bahkan di rayakan oleh Google,..? hehe






0 comment:

Posting Komentar