Langkah Kecil Amankan Facebook Anda Dari Hacker



Langkah Kecil Amankan Facebook Anda Dari Hacker - Facebook, jejaring sosial satu ini begitu besar dan hebat. Setiap harinya jutaan bahkan milyaran penggunanya selalu online. Dan dari waktu ke waktu pembaharuan fitur fitur di jejaring sosial ini terus dilakukan ( baca : Facebook yang menambahkan Fitur Subscribe ).

Bicara mengenai pengguna Facebook. Banyak dari mereka yang menggunakan facebook, dan setelah lama berjalan Facebook mereka tidak bisa di gunakan lagi gara gara telah di bajak atau di ambil alih oleh orang lain yang tak lain dan tak bukan adalah hacker.

Hal ini sering terjadi, dan semua itu mungkin disebabkan karena keteledoran atau kelalian dari pengguna Facebook itu sendiri dalam mengamankan akun Facebooknya.

Bayangkan saja jika akun facebook anda di bajak orang, lalu akun anda dijadikan sebagai obyek untuk tindak kejahatan, anda sendiri yang akan rugi. Misal si hacker membajak akun anda , dan dia update status dengan kata kata yang kotor atau tidak berkenan. Maka orang orang yang menjadi teman anda di Facebook akan mengira kalo itu adalah perbuatan anda. Padahal itu adalah perbuatan orang jahat yang membajak akun anda.

Namun anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk mengamankan akun Facebook anda. Meski ini hal kecil, namun bisa untuk mencegah atau menanggulangi si hacker membajak akun anda.

Misalnya dengan menyembunyikan email anda dan segala informasi kontak anda. Biasanya di dalam profil facebook seseorang terdapat begitu banyak info info dari orang tersebut. Mulai dari kesukaan, keluarga, pendidikan, dan kontak. Di dalam kontak inilah biasanya terdapat email anda. Dan perlu anda cek. Apakah email anda itu dipublikasikan, atau hanya anda saja yang melihat email anda. Jangan sampai orang lain dapat mengetahui atau melihat email anda. Mengingat para hacker biasanya masuk membajak akun dengan cara masuk ke dalam email seseorang.

Lalu jangan menambahkan sembarangan teman dalam menggunakan Facebook. Terutama orang asing atau orang yang anda tidak mengenalnya. Bisa jadi orang tersebut adalah hacker dan berusaha mengetahui segala informasi tentang anda.

Selain itu, jika anda online menggunakan komputer orang lain atau di warnet. Jangan sekali kali melakukan klik terhadap sebuah perintah seperti Save Password atau Remember me. Untuk save Password biasanya akan muncul jika anda menggunakan browser Mozzila Firefox atau Opera. Anda hanya perlu melakukan klik Not Now jika perintah tersebut muncul atau Never.

Dan jangan pula melakukan centang Remember Me ketika anda log in Facebook di Warnet. Lalu sebelum anda pergi meninggalkan warnet, clear semua history di dalam browser tersebut. Untuk berjaga jaga apakah ada akun anda yang masih log in atau tidak. Dengan melakukan clear history pada browser. Semua aktivitas anda di dalam browser tersebut akan terhapus.

Tak ada salahnya jika kita melakukan sebuah pencegahan. Daripada hal hal yang tidak di inginkan terjadi.

Mungkin sekian dari saya. Semoga bermanfaat dan berguna.

ditulis oleh Agung Susanto







1 comment:

Asaz mengatakan...

ok setuju mas lebih baik mencegah dari pada sudah terjadi ok ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

Posting Komentar