Stres Jangka Panjang Bisa Bikin Otak Kita Mengecil

Stres Bisa Bikin Otak Kita Mengecil - Begitu banyak sesuatu yang dapat menyebabkan kita stres. Misal, pekerjaan yang terlalu berat dan menekan, kejadian kejadian yang menimbulkan kita trauma, nilai yang jatuh, dan bahkan hal hal sepele seperti menunggu. Dan jika stres dibiarkan, akan berdampak buruk bagi otak kita. Misalnya otak kita akan menyusut jika terlalu sering stres.

Ketika kita sedang stres, tubuh kita akan melepskan zat zat kimia yang dalam jangka panjang zat zat kimia tersebut akan bersifat toksik pada jaringan otak. Bahkan hal tersebut dapat membunuh sel sel otak jika zat kimia yang disebut kortikosteroid itu melimpah dan berlangsung lama.

Sebenarnya kostikoteroid di perlukan oleh tubuh kita untuk meningkatkan kecepatan reaksi terhadap ancaman atau sering kita menyebutnya respon melawan atau menghindar. Dengan cara menekan imun tubuh dan meningkatkan jumlah gula di dalam peredaran darah.
Para ilmuwan menemukan otak mengecil ketika mereka sedang melakukan pemindaian otak pasien yang menderita stres akibat trauma pasca serangan 9/11. Ukuran dari hippocampus yang mngecil itu hampir sama dengan ukuran otak pasien lanjut usia yang menderita demensia.

Kendati begitu, hal ini dianggap terlalu cepat di simpulkan. Mengingat terlalu sedikitnya responden. Sementara itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa para veteran perang yang menderita sindrom pasca trauma juga menderita gangguan otak yang berat.

sebuah penelitian juga pernah mengungkapkan bahwa stres yang dialami orang usia pertengahan bisa meningkatkan resiko terkena Alzhimer's. Mereka yang sering dilanda kecemasan dan stres juga berisiko dua kali lebih tinggi menderita demensia.

hiiiii.......

sumber : dailymail.







0 comment:

Posting Komentar